Asuransi Untuk Tabungan Pendidikan

Asuransi Untuk Tabungan Pendidikan

Tabungan pendidikan semakin penting perannya dari tahun ke tahun. Ironisnya, tidak banyak keluarga yang mempersiapkan tabungan pendidikan. Setiap tahun ajaran baru, para orangtua di berbagai daerah di Indonesia dipusingkan dengan semakin sulitnya mencari sekolah yang berkualitas dan belum lagi dengan semakin mahalnya biaya sekolah saat ini. Karena banyak sekolah-sekolah yang berkualitas baik sudah berubah menjadi standar internasional, yang pastinya memungut biaya yang sangat mahal.

Banyak daripada orangtua yang belum menerapkan program tabungan pendidikan anak sejak dini. Saat ini asuransi pun menyediakan program untuk tabungan pendidikan untuk anak. Sebenarnya menabung ataupun asuransi itu sama baiknya.

Tujuannya adalah supaya apa yang kita hasilkan selagi kita masih produktif, dapat juga merancang kehidupan financial kita di masa yang akan datang. Karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di hari esok dan dalam kehidupan kita selalu ada resiko kehidupan.

Pengertian Asuransi Tabungan Pendidikan

Asuransi tabungan pendidikan adalah sebuah perencanaan keuangan yang dipersiapkan untuk biaya pendidikan anak-anak Anda nantinya. Sehingga pada saat anak-anak Anda mau masuk sekolah, anda tidak perlu pusing-pusing lagi memikirkan untuk mencukupi biaya pendidikan anak anda tersebut.

Pada umumnya kebanyakan orangtua memilih untuk menabung di bank untuk pendidikan anak-anaknya, dan tabungan pendidikan tersebut dirancang dimana nasabah diharuskan menabung secara periodik dengan jangka waktu tertentu. Jenis tabungan seperti ini hampir sama seperti deposito karena dana nasabah akan dikunci selama jangka waktu tertentu.

Namun bisa saja nasabah mencairkan tabungan tersebut sebelum jatuh tempo, tentunya akan dikenakan penalti. Dan hal ini sangat tidak disarankan, kecuali memang dalam keadaan darurat.

Sedangkan asuransi tabungan pendidikan adalah program menabung dengan jangka waktu tertentu dengan manfaat tambahan yaitu perlindungan kesehatan dan jiwa terhadap pencari nafkah atau orangtua. Keluarga akan diberikan manfaat santunan jika terjadi resiko kematian. Dan biasanya manfaat yang akan diberikan berupa santunan dan hasil investasi untuk biaya pendidikan anak.

Namun jika tidak terjadi resiko kematian pun, asuransi tetap akan memberikan sejumlah hasil investasi untuk tabungan pendidikan anak, yang tidak lain berasal dari investasi Anda berupa premi yang telah disetorkan oleh nasabah.

Sebagai produk asuransi, tentunya nilai investasi pendidikan bisa dicairkan jika sudah jatuh tempo ataupun jika terjadi resiko kematian. Untuk jatuh tempo pada sistem produk asuransi bisa diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Dan umumnya hasil investasi pada asuransi pendidikan lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan pendidikan ditempat lainnya. Maka dapat disimpulkan, tabungan pendidikan pada asuransi adalah proram investasi dalam jangka waktu yang panjang.

Yang paling sering dikhawatirkan adalah bagaimana jika pencari nafkah atau orangtua terkena musibah, maka tidak ada lagi penghasilan dan tabungan pun akan terkuras sedikit demi sedikit untuk mengatasi kesulitan tersebut. Bagaimana masa depan keluarga kita selanjutnya?

Maka sangat penting bagi kita para orangtua untuk menyadari dan menyiapkan tabungan pendidikan untuk anak sejak dini, tentunya juga harus dipikirkan tempat menabung yang aman dan bisa melindungi Anda dan keluarga dari segala resiko atau musibah yang tidak diinginkan dimana bisa saja terjadi sewaktu waktu. Keputusan tepat yang bijaksana hari ini akan berarti sebuah masa depan yang cerah bagi anak-anak yang paling Anda cintai.

Untukn informasi yang lebih lengkap bagaimana menjamin pendidikan anak-anak Anda, silahkan menghubungi penyedia layanan tabungan asuransi untuk anak-anak. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk para pembaca semua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *