Stabilnya Harga Bekas Mobil Mitsubishi Xpander Ultimate Bikin Takjub

Harga Mitsubishi Expander Ultimate bekas memang luar biasa. Meski sempat dikecewakan kompetitor sekelasnya dan pemberlakuan insentif Pajak Barang Mewah (PPnBM), harga mobil bekas di Mitsubishi Expander Ultimate tak turun bebas.

Pantauan Kabarharian.net di beberapa situs listing seperti OLX dan Cintamobil menunjukkan harga varian terbaik Mitsubishi Expander masih di kisaran harga Rp 200 juta hingga Rp 220 juta.

Misal, Mitsubishi Xpander Ultimate warna merah di daftar Cintamobil dibanderol Rp 217 juta. Diproduksi pada tahun 2018, mobil ini bahkan memiliki jarak tempuh yang relatif pendek yaitu 25.214 kilometer.

Harga yang hampir sama ditemukan di situs listing lain, OLX. Di sana, pada 2018, di tahun yang sama juga dipasang Mitsubishi Expander Ultimate dengan harga Rp217 juta. Harga ini tentunya sangat kompetitif, variasi terbaik dengan kompetitor di tahun yang sama, dan harga pemakaian bahkan belum mencapai kisaran harga Rp200 juta.

Berdasarkan data internal OLX Autos, CEO OLX Autos Indonesia Johnny Widodo mengungkapkan bahwa rata-rata penurunan (penyusutan) harga Mitsubishi expander kurang dari 20% pada saat dijual kembali. Selain itu, beberapa faktor seperti performa, model dan fitur membuat konsumen sangat tertarik dengan kendaraan expander. Omong-omong, Mitsubishi Expander Ultimate adalah kendaraan MPV rendah yang memenuhi ketiga persyaratan tersebut.

“Nilai jual mobil ini adalah modelnya yang berbeda dengan low MPV lainnya, sehingga lebih menarik minat konsumen untuk melihat expandernya,” kata Johnny Widdo.

Sementara itu, di pusat mobil bekas Mega Grodock Kemayoran (MGK), selain Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Suzuki Ertiga, Xpander juga menjadi salah satu model yang paling diminati. Melani, salah satu pedagang sentra mobil bekas MKG, mengatakan itu model baru, namun karena memiliki model yang berbeda dengan low MPV lainnya, expander cepat mendapat kepercayaan konsumen mobil bekas sawah.

“Saat unit mobil bekas masuk showroom biasanya tidak butuh waktu lama bagi konsumen untuk langsung mencari dan membelinya. Untuk depresiasi harga sekitar 15% sampai 20% dari harga mobil baru. Tapi ini juga tergantung pada kondisi mobil, jadi kita sangat perlu hati-hati agar harga jualnya tetap menarik,” kata Melani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *